Social Icons

Thursday, October 23, 2014

Astari Rasyid Dukung Batik Indonesia

Seni dan batik adalah dua hal yang tak bisa pisah dari kehidupan Astari Rasyid. Seniman senior berusia 62 tahun ini menilai batik adalah kekayaan Indonesia.

"Iya batik kekayaan Indonesia. Saya senang masyarakat mulai serentak dan kompak kenakan batik yang menandakan busana Indonesia. Saya mendukung batik Indonesia, ini adalah identitas bangsa kita," katanya serius.

Astari ditemui di acara pembukaan perhelatan Pasar Raya Tribute to Batik 2014: Pasar Klewer Solo Pindah ke Jakarta di Blok M, Jakarta Selatan, Kamis, 2 Oktober 2014.

"Saya memuji perkataan Bapak Jokowi bahwa busana kita ya batik, bukan jas. Dan seperti sarannya dalam seminggu ada empat hari kenakan batik, sisanya kemeja biasa. Nah seperti saran Bapak Jokowi, kalau bisa kenakan jas yang merupakan busana luar, bukan busana Indonesia cukup setahun sekali saja," kata Sri Astari Rasyid.

Menurutnya, saat ini pemerintah harus lebih giat lagi untuk meluaskan batik menjadi identitas busana nasional.

"Momentumnya Hari Batik Nasional ini. Hanya saja jangan kita justru memberikan peluang batik printing dari Cina yang berjaya meski motifnya Indonesia. Seharusnya batik cap bisa menjadi busana masyarakat yang harganya lebih murah, bukan printing itu bukan Indonesia, tapi negara orang Cina. Jangan bangga dong kenakan yang begini," pungkasnya serius.

Hari itu, wanita yang masih tampak cantik, enerjik, dan fashionable di usia senja mengenakan celana kulot berbahan tenun warna ungu dipadu kaus warna ungu dengan selendang batik sutera bermotif parang warna kuning keemasan yang dililitkan ke lehernya membuat penampilan Astari tampak menarik.

"Batik itu sebenarnya simpel enggak rumit. Mau dipakai kaus, celana jins kalau padanannya benar ya tetap menarik, elegan enggak terbantahkan batik memang barang dan pusaka yang selalu indah," kata Astari.

Sumber : Tempo
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Miliki Segera

 photo BP128.jpg

Minat? Klik Gambarnya

 photo BP129.jpg

Klik Gambar

 photo BP127.jpg
 
Blogger Templates