Social Icons

Wednesday, June 10, 2015

Penjualan Batik Stagnan Menjelang Bulan Puasa

Jelang Ramadan, penjualan batik di Pekalongan belum ada peningkatan. Penjualan batik di sejumlah pasar grosir masih cenderung stagnan. Seperti yang terpantau di Pasar Grosir Batik Setono dan International Batik Center (IBC) Wiradesa, kemarin. Belum terjadi lonjakan pembeli jelang Ramadan yang kurang sepekan mendatang. ”Kalau pembeli tetap ada, namun belum dibilang ramai. Penjualan masih sama seperti hari-hari biasanya,” kata Ninik, penjaga salah satu toko batik di pasar Grosir Setono, kemarin.


Menurutnya, memasuki musim Ramadan, omzet penjualan batik cenderung masih stabil atau stagnan. Pembeli datang ketika memasuki dua pekan sebelum Lebaran. Saat tersebut, banyak pemudik yang sengaja berhenti dan mengunjungi pasar untuk berbelanja batik sebagai oleholeh. ”Saat paling ramai nanti minggu ketiga di bulan Ramadan, dan arus balik Lebaran. Kalau hari-hari ini masih biasa saja tidak ada kenaikan omzet,” katanya.

Baju Muslim Hal senada diungkapkan pedagang lainnya, Indah. Penjaga toko batik Putra Ovi Grosir Setono ini mengaku belum ada lonjakan pembeli jelang Ramadan ini. Indah hanya mengaku, di sisi lain penjualan baju batik merosot, namun di sisi lain pihaknya banyak menerima pesanan baju muslim. ”Dalam sepekan ini penjualan mulai meningkat untuk gamis, kemeja, hem, dan sarung. Kebutuhan masyarakat muslim tersebut mulai banyak dicari pembeli dalam sepekan ini,” katanya. Dalam sehari, kata Indah, dirinya berhasil menjual sekitar 10 kodi baju muslim tersebut.

Meskipun sedang banyak dicari, dirinya mengaku tidak menaikkan harga barang tersebut. Hal itu dilakukan untuk menjaga langganannya agar tidak kabur atau beralih ke pedagang lain. ”Untuk harga masih sama, tidak ada kenaikan. Mungkin dinaikkan sedikit memasuki dua pekan jelang Ramadan saat masuki musim mudik Lebaran. Karena saat Lebaran pasarnya beda, banyak pembeli datang dari luar kota yang kebetulan melintasi Pantura. Jadi dinaikkan sedikit tidak jadi masalah,” tuturnya.

Hal demikian juga dialami sejumlah pedagang di International Batik Center (IBC) Wiradesa. Disampaikan sejumlah pedagang, belum ada peningkatan penjualan jelang Ramadan ini. ”Penjualan masih sama seperti biasanya. Mulai ramai nanti jelang arus mudik dan arus balik Lebaran,” kata salah seorang pedagang di IBC Wiradesa, Kusuma Dewi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Miliki Segera

 photo BP128.jpg

Minat? Klik Gambarnya

 photo BP129.jpg

Klik Gambar

 photo BP127.jpg
 
Blogger Templates