Social Icons

Monday, February 15, 2016

Walaupun Kurang Populer, Batik Banten Ternyata Terbaik Sedunia

Sebagaimana sudah diketahui bahwa selama ini, batik masih identik sebagai kain khas provinsi Jawa Tengah, seperti Pekalongan, Solo, dan Yogyakarta. Padahal, hampir seluruh provinsi di  Indonesia memiliki batik motifnya sendiri.

Batik dari Banten, salah satunya. Batik ini memang masih kalah populer bila dibandingkan dengan batik daerah lainnya. Namun, jika menyangkut masalah keindahan, kualitas batik Banten tak kalah dan memiliki nilai seni tinggi.

Motif batik Banten berakar dari temuan arkeologis di situs Keraton Surosowan. Hingga saat ini, batik Banten memiliki 75 motif.

"Salah satu di antaranya adalah motif Sabakingking, Mandalikan, Srimanganti, Pasepen, dan Pejantren. Masing-masing motif memiliki sejarah dan cerita sendiri," terang Uke Kurniawan, pemilik Sentra Batik Banten dalam keterangan persnya, seperti dikutip dari metrotvnews.

Uke menambahkan, batik Banten adalah yang pertama dipatenkan dalam kajian di Malaysia dan Singapura yang diikuti 62 negara di dunia pada 2003. Batik Banten juga mendapat predikat terbaik sedunia. Setelah ada himbauan pada 5 Juni hari Batik sedunia, Banten menjadi Batik pertama yang punya hak paten di UNESCO.

Ciri khas batik Banten terlihat dari warna abu-abu yang ada di setiap motifnya. Warna tersebut menggambarkan karakteristik masyarakat Banten yang sederhana.

Senada dengan Uke, artis sekaligus politisi Tantowi Yahya optimistis batik Banten bisa menjadi primadona di pasaran Indonesia maupun dunia.

"Corak dan desain batik Banten kaya dengan sejarah dan tradisi. Ini keunikan yang bisa dijual kepada konsumen Indonesia, bahkan dunia," kata Tantowi.

Pria yang berencana maju dalam pemilihan gubernur Banten pada Pilkada 2017, ini memberi masukan agar industri batik Banten bisa lebih maju dari sekarang. Menurut dia, sarana promosi dan pemasaran harus ditingkatkan.

"Harus ada pusat penjualan batik Banten yang letaknya strategis dan mudah diakses pasar. Tidak seperti saat ini yang kebanyakan berada di daerah pedalaman. Pemerintah bisa menyediakan itu, demi mendukung bangkitnya produk budaya," jelas Tantowi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Miliki Segera

 photo BP128.jpg

Minat? Klik Gambarnya

 photo BP129.jpg

Klik Gambar

 photo BP127.jpg
 
Blogger Templates