Social Icons

Saturday, November 1, 2014

Lebaran Kemarin, Batik Model Cherrybelle Yang Paling Dicari

Penjualan batik menjelang Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah di Kampung Batik Pusat Grosir Bogor (PGB), Kota Bogor, Jawa Barat mengalami peningkatan. Uniknya batik yang dicari bukanlah model batik yang sederhana pada umumnya, salah satu model yang banyak dicari pembeli yakni batik 'Cherrybelle'.

"Tahun ini model batik yang lagi "in" batik 'Cherrybelle', kebanyakan remaja dan ibu-ibu muda menyukai model baju ini," kata Susi pemilik Toko Batik SS di Kampung Batik Pusat Grosir Bogor, seperti diberitakan Antara, Rabu (23/7).

Susi menjelaskan, batik 'Cherrybelle' memang sangat modis, modelnya unik bergaya baju 'plum' yang biasa dikenakan oleh para personel "girlband" Indonesia tersebut.

Menurut Susi, harga batik 'Cherrybelle' juga cukup terjangkau, tergantung kualitas bahan dan motif batiknya. Seperti batik 'Cherrybelle' asal Pekalongan atau Solo dijual paling rendah Rp65.000 per helai.

"Yang agak mahal itu batik dari Jakarta, selain bahannya lebih bagus dari Pekalongan atau Solo, motifnya juga sedikit elegan. Harga dasarnya Rp100.000 per helai," kata Susi.

Untuk menambah koleksi, batik 'Cherrybelle' juga memiliki pasangan batik untuk prianya, dengan motif yang sama. Sehingga bisa dipakai oleh pasangan suami istri.

Susi mengaku, menjelang lebaran penjualan batik di tokonya mengalami peningkatan dibanding hari-hari di bulan biasa. Ia mengalami peningkatan penjualan sampai 10 persen bahkan lebih. Namun, menurut Susi, walaupun ada peningkatan penjualan batik selama Ramadhan, tetapi tidak sebanyak penjualan pakaian harian yang mereka sebut dengan "fashion".

"Memang ada peningkatan tetapi tidak sebanding dengan pakaian "fashion" itu lebih banyak lagi pembelinya," ujar Susi.

Susi menambahkan, kebanyakan pembeli batik di tokonya berasal dari keluarga, pasangan suami istri, perorangan atau perusahaan yang memesan sebagai hadiah lebaran.

"Kemarin baru ada yang pesan 25 helai batik khusus pria sebagai bingkisan lebaran, pembeli dari Medan," katanya.

Batik pria untuk bingkisan lebaran tersebut harganya relatif murah yakni Rp 50.000 dengan kualitas bagus dan motif yang menarik.

Menurutnya, karena harganya murah, banyak orang yang menjadikan batik sebagai bingkisan lebaran. Dan beberapa yang membeli bahkan datang dari luar Pulau Jawa.

Susi telah menyiapkan stok batik jauh hari sebelum Ramadhan, ia membeli batik dari wilayah Pekalongan, Solo dan juga Jakarta.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Miliki Segera

 photo BP128.jpg

Minat? Klik Gambarnya

 photo BP129.jpg

Klik Gambar

 photo BP127.jpg
 
Blogger Templates