Social Icons

Saturday, November 1, 2014

Dari Malaysia Hingga Rusia Ingin Belajar Membatik ke Indonesia

Banyak orang dari luar negeri seperti Malaysia, Vietnam, Filipina bahkan Rusia berminat untuk belajar memproduksi batik berbahan baku dari limbah. Ketertarikan mereka itu karena tingginya limbah kertas dan plastik yang selama ini didatangkan dari negara itu dan diproduksi di Kota Pekalongan yang merupakan salah satu pusat batik Jawa Tengah.

"Kami ditawari supaya melatih mereka saat pameran berlangsung. Selain itu, mereka juga melakukan komunikasi secara intensif setelah pameran mengenai ketertarikan dan tingginya minat mereka terhadap keterampilan membatik di beberapa bahan limbah mulai dari kertas, plastik sampai berupa aluminium foil," ujar pengrajin batik limbah dan bahan alami, Harris Hariyadi usai mendatangi Kantor Pemprov Jateng di Jalan Pahlawan Kota Semarang, Jawa Tengah guna bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Selasa (30/9), seperti dilansir merdeka.com

Harris yang sebelumnya mendatangkan limbah kertas berbahan alumunium foil dari Malaysia itu masih mempertimbangkan tawaran dari negara tetangga. Pria lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta itu merasa khawatir jika kreasi dan keterampilan khas Indonesia kita itu akan dijiplak oleh pelaku industri kerajinan di negara-negara tersebut.

"Pengalaman dulu mereka menghibahkan limbah kertas aluminium dari Malaysia tapi dengan syarat produk jadi dijual ke mereka kembali ke negaranya dan dilarang dipasarkan ke negara lain," ungkap Harris yang sudah 8 tahun menjadi pengrajin batik tersebut.

Harris saat ini menjadi satu-satunya perajin di Jawa Tengah yang mendapat lisensi dari UNESCO World Craft Council Award 2014 lalu. Kemampuan dia berkreasi di bidang kerajinan tradisional itu telah membawa produknya terus dipamerkan ke berbagai dunia, di antaranya di kota Dongyang Tiongkok pada 18 sampai 22 Oktober mendatang. Produk batik dari bahan baku limbah karya tangan terampilnya itu saat ini sudah dipamerkan dan disimpan di Museum Unesco Bangkok, Thailand.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Miliki Segera

 photo BP128.jpg

Minat? Klik Gambarnya

 photo BP129.jpg

Klik Gambar

 photo BP127.jpg
 
Blogger Templates