Social Icons

Monday, October 20, 2014

Pekan Batik Nusantara Ditargetkan Raup Rp 6 Miliar

Wali Kota Pekalongan Basyir Ahmad mengatakan Batik Carnival mendongkrak antusiasme warga dan pelancong dari berbagai daerah untuk mengunjungi Pekan Batik Nusantara (PBN). Batik Carnival adalah salah satu rangkaian acara dalam PBN yang diselenggarakan Pemerintah Kota Pekalongan sejak Rabu hingga Ahad, 8-12 Oktober 2014.


“Kami menargetkan total nilai transaksi selama PBN digelar mencapai sekitar Rp 6 miliar atau naik 5 persen dari capaian target transaksi pada 2013,” ujar Basyir, Kamis, 9 Oktober 2014.

Sekitar 800 peserta Batik Carnival memadati Alun-alun Kota Pekalongan pada Kamis sore, 9 Oktober 2014. Pawai Batik Carnival menempuh rute 2 kilometer.

Menghadapi pasar bebas ASEAN yang akan diberlakukan mulai 2015, Basyir optimistis batik Pekalongan bisa bersaing dengan produk batik dari negara tetangga. “Batik Pekalongan itu unik, memiliki ciri khas yang lebih unggul dibanding batik printing dari Malaysia,” ujarnya.

Selain Batik Carnival, PBN juga akan dimeriahkan dengan teatrikal Batik on the Street di kawasan Jetayu pada Ahad, 12 Oktober 2014. Teatrikal yang mengangkat filosofi dari proses pembuatan batik tersebut melibatkan para seniman dari Pekalongan dan Banyumas.

Dari 800 peserta Batik Carnival, Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pekalongan Doyo Budi Wibowo mengatakan 150 di antaranya mengenakan kostum batik. Batiknya pun khusus, yakni batik tulis dan cap, bukan printing.

Bahan dasar batik tersebut dikreasi menjadi beragam kostum, dari kostum pangeran Jlamprang, punggawa Jlamprang, putri batik ayu, burung elang, pesona bunga matahari, hingga putri kupu-kupu.

Sumber : tempo
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Miliki Segera

 photo BP128.jpg

Minat? Klik Gambarnya

 photo BP129.jpg

Klik Gambar

 photo BP127.jpg
 
Blogger Templates