Social Icons

Friday, December 5, 2014

Tips Jualan Batik Online

Menjual batik online tidak semudah jualan langsung, butuh cara-cara tertentu agar batik bisa terjual dengan cepat. Kepercayaan adalah salah satu hal penting dalam menjalankan toko batik online. Sekali pelanggan percaya akan toko online tertentu, maka mereka tidak akan berpindah ke toko online lainnya.

Dengan hadirnya teknologi digital dengan internet sebagai media informasi membuat siapa saja bisa memperoleh informasi yang mereka butuhkan. Terlebih dengan semakin berkembangnya e-commerce atau bisa disebut perdagangan online dan kepercayaan masyarakat dalam belanja online membuat seseorang sebelum belanja selalu browsing dahulu mencari informasi tentang produk yang akan mereka beli.

Dengan ketersediaan informasi tentang suatu produk maka calon pembeli bisa lebih teliti dahulu dan mungkin lebih berminat untuk membeli. hal tersebut menjadi peluang tersendiri bagi pelaku usaha maupun bisnis yang ingin menjangkau pasar lebih luas melalui internet. Karena yang seperti kita tahu bahwa jangkauan internet itu seluruh dunia dan berjalan 24 jam nonstop.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan media internet untuk jualan batik online atau promosi produk yang benar agar cepat laku? disini kami akan berbagi tips seputar tata cara promosi berjualan di internet sehingga toko batik online yang dimiliki bisa cepat menjadi mesin uang.

Berikut ini, tips jualan batik online, agar cepat laku, yaitu:

Persiapkan bahan promosi
Pertama kita sebagai penjual harus mempersiapkan terlebih dahulu bahan awal untuk promosi. Persiapan awal yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengambil gambar produk dengan kamera. Usahakan dalam mengambil gambar produk tersebut pencahayaannya maksimal sehingga gambar terlihat jelas. Jika anda mempunyai dana lebih atau usaha anda berkelas sebaiknya mengundang ahli fotografi untuk mengambil gambar yang bagus. Namun jika anda masih dalam tahap awal ingin terjun ke dunia online dan masih minim pendanaan, kita bisa memanfaatkan kamera handphone untuk mengambil gambar, namun usahakan gambar yang diambil bisa bagus.

Selain itu kita menyiapkan bahan promosi berupa brosur. Brosur yang dimaksud disini adalah brosur online, bisa berupa gambar yang disertai dengan sedikit penjelasan pendukung. Bisa juga membuat banner iklan yang bisa kita pasang ke blog/web.

Promosikan ke media online
Dalam hal promosi online kita bisa memanfaatkan situs web marketplace seperti olx.co.id (toko bagus), bukalapak.com, berniaga.com, kaskus FJB, dan masih banyak lagi. Disana kita bisa memasang produk jualan kita dengan gratis. Selain itu kita juga bisa promosi ke situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan lainnya. Manfaatkan situs pertemanan tersebut karena disana tempat berkumpul dan berinteraksi pengguna online. Namun yang perlu diperhatikan adalah dalam promosi di jejaring sosial tersebut terdapat etika yang tidak boleh dilanggar, jika dilanggar nanti kita kesannya sebagai tukang spam dan calon pembeli akan malas melihat produk kita yang ditawarkan.

Etika yang harus diperhatikan dalam promosi batik online adalah jangan mengirim pesan promosi berlebihan atau tiba-tiba mengirim pesan promosi ataupun mengirim langsung ke dindingnya, lakukan pendekatan atau perkenalan terlebih dahulu selanjutnya kita bisa memperkenalkan kalau kita jualan suatu produk. Jangan asal menandai teman (tag), banyak yang tidak suka dengan cara seperti ini.

Pasang iklan juga perlu, namun pasang iklan harus ada dana angaran. Kita bisa beriklan di Facebook, maupun Adwords (Google), Atau kita juga bisa pasang iklan banner di blog-blog yang mempunyai pengunjung banyak dan isi blog juga sesuai dengan produk jualan kita.

Dalam hal promosi online memang akan lebih maksimal jika menggunakan laptop/komputer. Lalu bagaimana dengan yang tidak memiliki komputer? Pengguna gadget smartphone sekarang sudah sangat banyak karena harga semakin terjangkau. Hanya dengan smartphone saja kita juga bisa memanfaatkannya. Banyak sekali aplikasi mobile yang bisa kita manfaatkan untuk berpromosi online, contohnya seperti aplikasi Shoop! Social E-Commerce. Aplikasi mobile smartphone yang bisa kita manfaatkan untuk promosi online karena produk kita akan terposting ke toko online dan juga Facebook, dan Twitter.

Buat website profesional
Sebuah website untuk menjual batik online sangatlah perlu. Jika usaha kita telah tumbuh besar maka penggunaan website sangatlah penting. Dengan website usaha kita akan lebih terlihat profesional dan dipercaya. Selain itu dengan website kita bisa menampilkan beragam informasi tentang usaha kita. Selain website utama, kita bisa memanfaatkan versi blog yang berisi artikel-artikel tentang tips dan trik maupun penjelasan terkait produk batik online yang bisa kita update terus setiap hari maupun per minggu sekali.

Namun jika kita masih terbatas soal pendanaan, kita masih bisa kok memanfaatkan blog gratisan seperti blogspot maupun wordpress. Banyak sekali media online gratis yang bisa kita manfaatkan untuk membuat website maupun blog gratis.

Mungkin itu dulu sedikit tips jualan batik online dari kami agar yang perlu diperhatikan dalam promosi jualan online, dengan promosi online maka produk kita akan lebih dikenal luas dan calon pembeli yang semakin besar.

Jika Anda membutuhkan kemeja batik pria dengan bahan yang berkualitas dan harga yang pantas. Silahkan kunjungi www.batikfilosofia.com yang banyak menjual kemeja batik pria dengan harga yang pantas. Selamat belanja!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Miliki Segera

 photo BP128.jpg

Minat? Klik Gambarnya

 photo BP129.jpg

Klik Gambar

 photo BP127.jpg
 
Blogger Templates