Social Icons

Thursday, November 13, 2014

Perbedaan Batik Tradisional dan Batik Modern

Ada dua jenis batik dilihat dari cara pembuatannya, kedua jenis batik tersebut sering disebut dengan batik tradisional dan batik modern. Batik tulis termasuk kategori jenis batik tradisional sedangkan batik cap, batik printing dan batik sablon, termasuk jenis batik modern.

Batik memang merupakan sebuah hasil seni budaya Indonesia yang sangat mengagumkan. Batik telah digunakan lebih banyak orang saat ini dengan berbagai macam varian motif yang telah dikerjakan dengan berbagai macam cara. Batik juga telah banyak dikembangkan dengan lebih banyak motif dan disesuaikan dengan model baju yang lebih modern.

Selain itu terdapat juga jenis batik yang tetap memegang akar budaya dan aturan yang tradisional agar tidak terlupakan akar asli dari budaya batik tersebut. Di pasaran saat ini, banyak ditemui berbagai macam batik tradisional dan batik modern yang menjadi pilihan. Namun apa yang membedakan batik tradisional dan batik modern?

Batik tradisional adalah sebuah seni membuat garis dan titik yang akan membentuk suatu motif yang susunan motifnya terikat dengan suatu aturan dan dengan isen-isen tertentu. Memang banyak aturan-aturan tertentu yang harus dipatuhi dalam pembuatan susunan motif tradisional tertentu.

Selain itu pengerjaan batik tradisional memang lebih rumit dan memakan waktu yang lebih banyak. Oleh karena itu batik tradisional cenderung memiliki sisi eksklusif yang lebih tinggi dan cenderung memiliki harga yang lebih mahal. Beberapa macam batik tradisional adalah batik Becak, Batik Radioan, Batik Pekalongan, dll. 

Sedangkan batik modern memiliki cara pengerjaan yang tidak terikat oleh aturan tertentu baik dalam hal pembuatan susunan motif maupun warna yang digunakan. Sehingga  batik modern lebih mudah dalam teknik pengerjaannya dan lebih menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Batik modern lebih menonjolkan sisi keindahan dan menyesuaikannya dengan model baju yang lebih modern agar tidak terlihat terlalu kuno. Batik ini cenderung lebih mudah ditemui di pasaran dibandingkan keberadaan batik tradisional. Dan harganya pun tidak terlalu mahal.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang mencolok dalam hal pengerjaannya. Dari segi motif dan aturan yang berlaku memang batik tradisional terkesan lebih terikat. Batik tradisional dalam pengerjaan motifnya terikat pada aturan dan isen-isen tertentu. Sedangkan batik modern lebih mudah di dalam teknik pengerjaan dan terkesan lebih bebas karena tidak ada suatu aturan yang membatasinya. Batik ini memang lebih menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Banyak yang lebih menonjolkan sisi keindahan dan menyesuaikannya dengan model baju yang lebih modern agar tidak terlihat terlalu kuno. Perbedaan cara pengerjaan ini tentu saja berdampak pada sisi eksklusif dari batik ini. Batik tradisional cenderung memiliki sisi eksklusif yang lebih tinggi dan memang batik tradisional cenderung memiliki harga yang lebih mahal bila dijumpai di pasaran.

Jika saat ini Anda mencari batik tradisional namun dikemas dengan cara yang modern sehingga terlihat seperti batik modern, sebaiknya Anda kunjungi situs www.hanleebatik.com . Di situs tersebut ada berbagai macam kemeja batik pria yang menggunakan batik tradisional namun terlihat modern. Dengan begitu, kedua jenis tersebut bisa dipadu-padankan. Selamat berkunjung dan berbelanja.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Miliki Segera

 photo BP128.jpg

Minat? Klik Gambarnya

 photo BP129.jpg

Klik Gambar

 photo BP127.jpg
 
Blogger Templates