Social Icons

Tuesday, April 21, 2015

Keunikan Batik Gegod

Keistimewaan batik gedog, bukan hanya proses pembuatannya, tetapi juga motifnya seperti panjiori, kenongo uleren, ganggeng, panji krentil, panji serong dan panji konang. Tiga motif batik terakhir dahulu kala konon hanya dipakai pangeran. Batik motif panji krentil berwarna nila justru diyakini bisa menyembuhkan penyakit.

Salah satu ciri batik gedog tenun dari Tuban adalah serat benangnya yang kasar. Kini untuk melestarikan batik gedog Tuban yang cenderung berwarna nila dan gelap ini pengrajin diundang pameran di berbagai kota seperti di Surabaya, Bali, Yogyakarta. Selain itu pengrajin juga mencari informasi untuk mendapatkan kesempatan pameran ke berbagai instansi dan lembaga.

Pasar batik saat ini semakin menjanjikan, kini dibidik seluruh pembatik di Jatim. Seluruh pembatik tampak berjuang mencari ciri khas agar tidak ditinggalkan konsumen. Perajin batik menyadari, supaya bisa menarik minat pembeli, mereka harus pandai-pandai memilih motif dan warna. Batik tulis dengan warna natural kini membumi karena konsumen lokal dan asing memburu batik tulis bercorak modern dengan warna alam.

Guna memperdalam ilmu menyangkut pewarnaan batik, pengrajin mengikuti berbagai pelatihan terutama menyangkut teknik pewarnaan batik, salah satunya di Balai Batik Yogyakarta, selain itu juga dengan membaca buku tentang pewarnaan batik, supaya mendapatkan kualitas yang baik dan bisa bersaing dipasar lokal maupun internasional.

Para pengrajin terus mengembangkan warna alam. Guna memperoleh warna batik yang alami, percobaan demi percobaan dan inovasi dilakukan supaya mendapatkan warna alam. Semua daun, pohon serta tumbuhan dicoba untuk mencari warna alam yang benar-benar alami. Ciri khas batik gedog warnanya nila, agak kegelap-gelapan dan warna ini dipertahankan sebagai identitas batik gedog Tuban.

Meski banyak kendala, pengrajin terus menggeluti dunia batik. Dengan yakin batik tidak akan pernah punah. Justru terpenting batik tulis tenun gedog akan semakin dikenal dan memasyarakat karena proses pembuatannya “unik” dibanding dengan batik tulis lain yang tinggal membatik di atas selembar kain produksi pabrik.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Miliki Segera

 photo BP128.jpg

Minat? Klik Gambarnya

 photo BP129.jpg

Klik Gambar

 photo BP127.jpg
 
Blogger Templates