Social Icons

Monday, May 18, 2015

Beberapa Jenis Canting untuk Membuat Batik

Canting adalah suatu alat yang digunakan untuk membuat sebuah batik. Tanpa alat ini, membuat batik tulis menjadi sangat mustahil. Namun untuk jenis batik lainnya, misalkan batik cap atau batik printing, tanpa menggunakan canting pun masih tetap bisa membuat sebuah kain batik. Karena dalam pembuatan batik cap dan batik printing, sudah tidak digunakan lagi canting.

Proses pembuatan batik melibatkan banyak benda, namun canting adalah alat utama yang dibutuhkan dalam membatik. Jika Anda mengira bahwa canting adalah alat yang digunakan untuk melukis motif batik, sebenarnya tidak. Canting berfungsi untuk menempatkan malam dan mengikuti motif tertentu di atas kain, agar kelak bagian kain tersebut tidak menyerap warna pada saat pewarnaan.

Canting yang digunakan oleh pembatik sangat beragam, dan dikategorikan berdasarkan fungsi, ukuran cucuk (ujung canting), dan jumlah cucuk.

Berdasarkan fungsi, canting dibagi atas:

  • Reng-rengan: jenis canting ini digunakan untuk membuat pola kerangka batik. Reng-rengan berukuran cucuk sedang, dan bercucuk tunggal.
  • Isen: jenis canting isen digunakan dalam tahapan mengisi pola kerangka batik. Jenis canting ini bercucuk kecil, namun dapat bercucuk tunggal ataupun rangkap (canting berujung lebih dari satu).
Berdasarkan ukuran cucuk, canting dibedakan atas:
  • Carat (cucuk) kecil.
  • Carat (cucuk) sedang.
  • Carat (cucuk) besar.
Sedangkan berdasarkan jumlah cucuk, canting dikenal bernama:
  • Cecekan. Ini adalah canting bercucuk tunggal (satu), berukuran kecil dan digunakan untuk membuat titik-titik kecil (Bahasa Jawa: cecek) atau garis-garis halus saat membatik.
  • Loron. Nama canting ini merupakan bentukan dari kata Loro, yang berarti dua dalam Bahasa Jawa. Canting bercucuk ganda yang berjajar atas dan bawah, dimaksudkan agar dapat mengeluarkan malam secara bersamaan, agar pembatik bisa membuat garis rangkap yang sama jaraknya.
  • Telon. Telon dari kata telu yang berarti tiga. ini bercucuk tiga dengan susunan membentuk segi tiga. telon digunakan pada saat mengisi motif batik, dan selalu meninggalkan ciri khas berupa tiga buat titik yang membentuk segitiga simetris.
  • Papatan. Seperti namanya, yang berasal dari kata papat yang berarti empat, maka canting ini bercucuk empat, digunakan untuk membuat empat buah titik yang membentuk bujursangkar sebagai pengisi bidang.Gambar Jenis-jenis Canting Untuk Membuat Batik
  • Liman. bercucuk lima yang berfungsi untuk membuat bujursangkar kecil yang dibentuk oleh empat buah cucuk dan sebuah titik di tengahnya.
  • Byok. ini bercucuk tujuh, dan berfungsi untuk membentuk lingkaran kecil yang terdiri atas kumpulan titik. Istilah canting byok juga digunakan untuk menyebut canting bercucuk ganjil. (1, 3, atau 5)
  • Renteng atau galaran. ini selalu bercucuk genap, dan biasanya paling banyak enam cucuk, tersusun dari bawah ke atas. renteng dipakai saat membentuk beberapa garis sekaligus, agar jarak garis yang satu ke garis lain, sama.
Siapa sangka jika ternyata canting sangat banyak jenisnya. Dan para perajin secara trampil menggunakan canting yang berbeda di setiap tahapan membatik untuk membentuk motif yang cantik.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Miliki Segera

 photo BP128.jpg

Minat? Klik Gambarnya

 photo BP129.jpg

Klik Gambar

 photo BP127.jpg
 
Blogger Templates