Social Icons

Thursday, October 9, 2014

Cara Menyimpan Batik

Keindahan batik dipengaruhi oleh cara menyimpannya. Setelah dicuci bersih, dan disetrika rapi; pastikan Anda melakukan langkah-langkah penyimpanan ini, agar batik Anda tetap prima :


  • Jangan dilipat. Cara tepat menyimpat kain atau gaun batik adalah digantung. Jika dilipat, cenderung membentuk garis pada serat kain dan mempercepat serat kain patah dan batik cepat lapuk.
  • Gunakan gantungan berbantalan untuk menggantung gaun. Bantalan yang membungkus gantungan dimaksudkan untuk menjaga agar serat kain tidak terkait dan rusak. Sedangkan untuk menggantung kain dan selendang, digunakan gantungan yang dilengkapi penjepit. Tapi sebelum dijepit, lapisi lebih dulu bagian kain yang akan dijepit dengan lipatan tissue, agar jepitan tidak merusak serat kain.
  • Pastikan kondisi lemari bersih. Alasi dengan kertas roti, agar menyerap lembap.
  • Agar terhindar dari gangguan ngengat, bersihkan beberapa butir lada putih bulat. Masukkan ke dalam kain halus, bungkus. Buat beberapa bungkusan seperti itu, untuk disebarkan di seluruh penjuru lemari.
  • Bersihkan lemari penyimpanan dua atau tiga bulan sekali. Keluarkan seluruh koleksi batik, buka lipatannya, dan angin-anginkan selama 1 jam, sebelum kembali menyimpannya.

Demikian cara menyimpan batik agar kondisi batik tetap bagus dan tidak mudah rusak.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Miliki Segera

 photo BP128.jpg

Minat? Klik Gambarnya

 photo BP129.jpg

Klik Gambar

 photo BP127.jpg
 
Blogger Templates