Social Icons

Wednesday, January 14, 2015

Di Jawa Barat Akan Berdiri Akademi Batik

Yayasan Batik Jawa Barat (YBJB) akan mendirikan Akademi Batik untuk menumbuhkan dan menyiapkan tenaga batik profesional di kalangan generasi muda.


“Akademi Batik Jabar nantinya akan menyiapkan tenaga profesional di bidang batik yang menguasai dan memiliki keterampilan membatik yang siap terjun ke sektor industri,” kata Ketua Harian Yayasan Batik Jabar Komarudin Hudiya di Bandung, Selasa.

Rencananya, lembaga pendidikan khusus bidang batik itu akan berdiri pada 2012 dengan kapasitas tampung lebih dari seratus orang per angkatannya. Setiap angkatan akan mengenyam pelatihan membatik selama tiga bulan dan selanjutnya mendirikan usaha sendiri.

Meski berlabel akademi, namun program pendidikan membatik di sana mirip dengan pelatihan. Pesertanya ditujukan bagi generasi muda dari berbagai daerah di Jawa Barat.

“Pasar batik saat ini masih bagus, meski boomingnya pada 2009 lalu. Kita berusaha untuk mempertahankan animo pasar terhadap batik, salah satunya dengan mengembangkan motif berdasarkan kekhasan daerah,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Ia mencontohkan, beberapa motif baru dikembangkan oleh generasi pembatik di daerah seperti di Subang mengembangkan batik ganasan, motif buaya, motif beasan di Cianjur dan beberapa motif baru lainnya.

“Selama ini ada sekitar 200 motif batik di Jabar dan sudah dibukukan dalam bentuk buku saku motif batik,” kata Komarudin Hudiya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Miliki Segera

 photo BP128.jpg

Minat? Klik Gambarnya

 photo BP129.jpg

Klik Gambar

 photo BP127.jpg
 
Blogger Templates