Social Icons

Tuesday, September 30, 2014

Mengenal Canting Batik

Siapa yang tak mengenal batik. Kain tradisional yang merupakan warisan turun-temurun semenjak jaman nenek moyang ini merupakan salah satu kebanggaan yang dimiliki oleh Indonesia. Namun, jika berbicara batik, mungkin sebagian dari kita terkadang melupakan salah satu unsur penting di dalam pembuatannya. Ya, dalam pembuatan batik tulis, sebuah alat bernama canting memiliki peranan utama sehingga ragam lukisan batik dapat dinikmati dan memiliki nilai seni tinggi.


Canting sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti alat untuk melukis batik. Ia adalah alat yang digunakan untuk membuat bahan tulis pada batik. Mudahnya, canting adalah semacam kuas yang digunakan dalam melukis batik. Adapun canting batik sendiri umumnya terbuat dari tembaga dengan pegangan yang terbuat dari bambu dengan bobot ringan. Pada bagian ujung tembaga, terdapat apa yang dinamakan cucuk.

Cucuk ini adalah mata pena tempat keluarnya cairan lilin yang digunakan untuk melukis. Lalu, mengapa para pembatik kerap meniup-niup ujung cucuk ketika sedang bekerja? Ini dimaksudkan agar cairan lilin yang digunakan menjadi dingin sehingga ia dapat lebih lancer keluar. Selain cucuk, dalam canting terdapat pula bagian yang dinamakan nyamplung. Nyamplung terdapat pada bagian tengah canting dan berbentuk oval. Ia memiliki fungsi sebagai penampung cairan lilin yang digunakan.

Nah, adakah yang tahu bahwa sebenarnya canting sendiri memiliki beberapa jenis. Berdasarkan fungsinya, canting dibagi menjadi canting rengreng dan canting isen. Rengreng memiliki cucuk tunggal dengan diameter tidak terlalu besar. Fungsinya adalah membuat pola pertama pada kain batik yang hendak dibuat. Sedangkan isen digunakan untuk mengisi bidang alias mengisi pola. Cucuk pada isen ada yang tunggal maupun rangkap.

Di samping itu, ada pula canting yang dibedakan berdasarkan banyaknya cucuk. Ada canting cecekan yang bermata tunggal dan berfungsi membuat titik-titik pada batik. Ada pula canting loron yang bermata dua dan berfungsi untuk membuat garis rangkap. Berturut-turut setelahnya adalah canting telon bermata tiga untuk membuat pola segitiga,  canting prapatan bermata empat untuk membuat pola segi empat, canting liman dengan mata canting yang membentuk lingkaran, canting byok yang bermata ganjil untuk membuat lingkaran, dan canting galaran yang memiliki mata berderet dari atas ke bawah.

Berbicara mengenai canting tentu tak ada habisnya. Bahkan ada pula canting yang dibedakan berdasarkan ukurannya. Tentu saja masing-masing ukuran yang dimilikinya tersebut memiliki fungsi-fungsi tersendiri. Pertanyaannya, sebegitu rumitkah tetek bengek percantingan yang dimiliki batik? Jawabannya bisa iya atau tidak. Satu hal yang pasti, segala peralatan yang terlihat banyak tersebut membuktikan betapa seni batik bukanlah seni remeh. Ia, jika ditelaah secara mendalam, memiliki kedalaman dan teknik yang cukup trengginas. Hidup memang tak semudah kata-kata Mario Teguh. Namun ada baiknya kita mengutip kata-kata Mario Teguh untuk seni tradisional yang satu ini: SUPER.

Sumber : handmadedottobucildotnet
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Miliki Segera

 photo BP128.jpg

Minat? Klik Gambarnya

 photo BP129.jpg

Klik Gambar

 photo BP127.jpg
 
Blogger Templates